Jodoh & Iman … !!!

Kegiatan saya beberapa minggu belakangan nech adalah menghadiri acara pernikahan, mulai dari saudara, temen hingga tetangga. Dan itulah yang menghalangi saya untuk hadir di acara kopdar tanggal 20 Juli 2008, hikz.. Tapi apa mau dikata, menghadiri acara kopdar penting tapi menghadiri undangan dari kerabat, temen hingga tetangga juga penting. Dan saya harus bisa memilih salah satunya, ya kan?

Ada seorang temen saya (tepatnya sepupu) yang berencana akan melangsungkan pernikahan di akhir tahun ini. Usianya seperti saya, baru 22 tahun, masih sangat muda (itu menurut saya lho) untuk menjalani pernikahan. Tapi saya salut dengan keberaniannya menuju ke jenjang pernikahan, itu berarti dia berencana menyempurnakan separuh dari imannya. Saya yakin bahwa Allah telah menetapkan seseorang yang menjadi jodoh Qta. Jadi jalani aja hidup ini dengan baik, berkualitas dan bermanfaat, hingga pada saat dan waktu yang tepat jodoh itu hadir untuk membantu Qta menyempurnakan separuh iman.

Ada satu pertanyaan yang saya ingin tau jawabannya.. Apakah orang2 yang memutuskan untuk tidak menikah dan memilih untuk hidup melajang akan dapat menyempurnakan separuh imannya?

25 thoughts on “Jodoh & Iman … !!!

  1. Itu menyalahi kodrat deh kayaknya, coz manusia diciptakan berpasang2an, tinggal Allah menentukan melalui takdirnya, bisa cepat bisa juga lama…

    yupz..
    bener bgt tuh..
    takdir kan ditangan Tuhan..

  2. Menikah adalah satu tahap yang idealnya/fitrahnya harus dilalui manusia. Bagi saya, orang2 yg belum menikah belum melewati satu tahap yg krusial dalam perjalanan hidup manusia. Namun, menikah bukan satu-satunya yg harus dicapai manusia, karena tentunya masih banyak hal krusial yg lain, misalnya: bekerja, sekolah, berkontribusi untuk masyarakat dll. Jadi, pernyataannya bisa dibalik begini: meskipun saya sudah menikah, saya tetap saja belum melakukan satu hal yg krusial dalam hidup saya yaitu memberikan kontribusi yg signifikan bagi masyarakat.

    Mengapa Rasul memang menekankan secara khusus tentang nikah ini? Mungkin saja karena dampak pelaksanaan pernikahan ini sangat besar, baik untuk individu maupun utk masyarakat.

    Salam kenal juga!

    setuju, makasih atas pencerahannya dan telah berkunjung kesini..

  3. wahhh kl itu kita kembalikan pada masing2 individu alias tergantung kepercayaan masing2:mrgreen:

    iya, selain itu menikah kn hrus sesuai dgn hati nurani juga..

  4. iya, kalo dalam umur 20 aja kita sudah mempunyai segalanya, lantas kita nunggu apalagi, mending menikah aja🙂 daripada entar keburu kegoda staitonirojim

    betul….
    terima kasih ya telah berkunjung..

  5. Salam .

    kalau menurut pandangan saya itu tergantung ,kepercayaan atau individu masing-masing ,cuma klo menurut Islam itu menyalahi kodrat Illahi dan meninggalkan sunah Rosul.

    salam kenal putra Boyolali

    salam juga…
    yupz..
    terima kasih telah berkunjung..

  6. hiks saya yang lebih tua pun belum kepikir untuk menikah hehehehe
    nyante aja dulu..
    salam

    yupz.. easy going aja…

  7. Muslim dan Muslimah udah dikasih 2 pilihan sama Allah.

    1. Jodoh yang sholeh
    2. Calon jodoh yang sholeh

    Jadi, tiap orang pasti mendapatkan jodohnya masing-masing. Tinggal kitanya aja yang mesti mengembangkan kualitas diri sendiri, memperbanyak ibadah, berusaha dan berikhtiar juga.

    Supaya dikasih kemudahan dalam urusan jodoh oleh Allah SWT. Cepat atau lambat, jodoh yang kita dambakan akan datang pada waktunya. InsyaAlloh…🙂

    *heee.. tumben saya ngomeng bijak kek gini*:mrgreen:

    Anw salam kenal ya, mbak My..😉

    kalo saya pengennya mendapatkan calon jodoh yang sholeh
    dan jodoh yang sholeh juga…
    amien…
    terima kasih ya dah mampir kesini..

  8. kayaknya mulai banyak cewek yg nikah diumur 22 tahun, yah….kenapa yah kalau cewek lebih cepet nikahnya daripada laki laki…apakah cewek lebih punya kberanian menikah daripada lakilaki ?

    mungkin iya, karena wanita lebih suka dengan yang namanya komitmen..
    betul kn para wanita2 …??🙂🙂

  9. Salam
    memutuskan hidup selibat pastinya harus ada alasan yang jelas, toh Islam kan menganjurkan pernikahan, tapi kukira bukan indikator tak menyempurnakan setengah agama juga kok, karena memilih tidak menikah juga bukan sesuatu yang dilarang tapi sayang akh klo ga nikah..atau lebih suka kawin??😀

    salam juga…
    hayo, sapa tuh yg suka kawin?🙂

  10. saya juga baru 22 mao 23 beberapa bulan lagih yang ada di pikiran sekarang cuma nikah nikah dan nikah

    hauhauhauhau

    najis juga dipikir pikir :p

    abis gimana… my biggest goal is to be a good wife and mum😀

    jadi dah mao nikah ato masih fikir2 aja..
    hehehe…
    saya juga ingin jadi good wife n mum..

  11. salam kenal,

    dalam hidup itu ada Pilihan,
    pilihan itu butuh Perjuangan,
    dalam pilihan dan perjuangan, akan ada Pertanggungjawaban…(dunia dan akhirat)
    (3P by Bungakehidupan)😀

    jadi,selamat memilih…
    Menyulam Cinta Sejati

    terima kasih sudah mampir kesini..
    semoga saja saya bisa memilih yg dapat dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat, amien..

  12. wahh, pertanyaan yg bagus…
    bisa ga dijawab dg hadis nabi yg ini? (redaksinya kurang lebih-kalo gak salah begini)

    “nikah itu sunnahku, barang siapa yang tidak menyukai sunnahku, maka bukan termasuk golonganku”

    wallohu a’lam,

    lagi nyari calon ni.. ?😉

    iya, lagi nyari calon…
    ^searching mode on^🙂🙂

  13. halo… aq ada beberapa pendapat bahwa Allah swt juga memberi kita nikmat yang namanya pernikahan. pernikahan membawa diri kita menuju sempurnanya sebagai manusia islami sebabrosul pun menyuruh kita untuk menikah…. apabila masih bingung coba beli buku nikmatnya pacaran setelah menikah bagus untuk dibaca…
    from SKI SMAN 1 SURABAYA

    hallo juga…
    terima kasih dah mampir, langsung ke gramedia…
    ^searching mode on^

Leave a Reply

