Berdamai dengan diri sendiri … !!!

Manusia itu diciptakan berbeda-beda, gak ada yang sama. Walau yang kembar sekalipun, mereka juga berbeda. Oleh karena itu kira harus bisa menerima atas apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Sesuatu yang kita kira buruk belum tentu buruk dan tak berguna. Manusia hanyalah tempat ketidaksempurnaan, yang mempunyai kesempurnaan hanya Allah. Jadi kita harus bersyukur dan terus bersyukur. Sesuatu yang indah di mata kita belum tentu indah buat kita.

Orang yang telah berdamai dengan diri sendiri adalah orang yang senantiasa bersyukur, dalam berdoa tidak pernah meminta melainkan mengucap syukur, selalu menerima dirinya apa adanya. Bisa mengontrol emosi, bersikap positif atas semua hal.

Ada sebuah cerita, Pada pagi hari seseorang melihat kotak didepan rumahnya yang berisi kotoran sapi, dan dia tahu bahwa yang meletakkan kotak tersebut adalah tetangganya sendiri. Dengan positif dia berfikir bahwa mungkin saja pohon mangga yang didepan rumahnya kurang subur, sehingga tetangganya prihatin dan ingin memberikan kotoran sapi itu untuk digunakan sebagai pupuk untuk pohon mangganya yang kurang subur.

Dari cerita itu kita dapat mengambil hikmah bahwa dalam menghadapi masalah kita harus selalu bersikap positif dan selalu mau mengambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpa kita. Dengan begitu kita akan dapat berdamai dengan diri sendiri tanpa menyalahkan siapa-siapa atas apa yang terjadi pada kita. Betapa indahnya hidup kita jika kita sudah bisa berdamai dengan diri sendiri.

Sudahkah anda berdamai dengan diri sendiri??

68 thoughts on “Berdamai dengan diri sendiri … !!!

  1. hahah..saiah masih sering kurang perduli dengan diri sendiri…bagaimana bisa berdamai??

    btw,,blog nya saiah link yah…

    karena itu mulai skrg qta harus peduli dgn diri sendiri biar damai, hehe…🙂..
    ok, ntr saya link dch…

  2. Salam

    saya membaca cerita tadi ingat dengan cerita di TV tadi pagi yang di pandu Diah ptl > bawasannya di daerah mana saya lupa ,kotoran sapi bisa untuk memperkuat pembuatan Gerabah dan hasilnya lebih bagus dan tidak mudah pecah …..sory nambah aja

    tuh kan, kotoran sapi itu banyak gunanya lho, ya kan?

  3. Setuju banget…

    Setiap kita memang harus ber’positif thinking’ kalo bahasa kerennya…”Husnudzon”

    iya, karena sesuatu yang positif dapat mengubah sesuatu yg negatif. ya kan?

  4. positif thinking….??

    terkadang susah,… sepertinya emosi selalu yang mengambil peran di setiap kejadian…

    karena itu kita harus mencoba utk mengalahkan emosi…
    ^sedang belajar mode ON^🙂

  5. sumpah bang…
    biar digebukin sama sekuriti pun, saya berani,
    biar ditanya lagi, jawaban ane tetep sama,
    “sudah”!!!

    salam kenal bung🙂 …..

    salut saya mas…
    tapi ada yg perlu diralat tuh mas, saya seorang “Wanita”,….😛😛

  6. ya, indah sekali hidup jika kita bisa berdamai dengan diri sendiri, aku kayaknya antara sudah dan belum deh, kadang berdamai, kadang2 nggak, thanks sudah mampir ke blogku

    saya juga seperti itu, masih kadang2…
    dan saya akan terus belajar utk bisa berdamai dgn diri sendiri..🙂

  7. itu lah mas yg paling susah dalam kehidupan manusia. bagaimana bisa mengontrol ego sendiri karena itu muncul secara alami

    wah, ada yg bilang saya mas nech…😦
    saya ini seorang “Wanita”,,,,,,

  8. woh, mari kita belajar berhati Buddha
    ::positif!!::

    *tapi menurut teori keseimbangan ada positif ada negatif, jadi sekali-kali negatif gapapa dong😀 *

    huehue….
    sekali-kali negatif???😀

  9. ^_^ Setuju. Berdamai dengan diri sendiri dalam arti yang saya pahami adalah tidak membiarkan peristiwa dan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita menyita perhatian hingga menghilangkan kebahagian diri.

    setuju….:)

  10. berdamai dengan diri sendiri sulit dinilai,,. apa kita sudah merasa damai?? atau belum?? karena damai dengan diri sendiri tidak ada ukurannya!!!

    damai dengan diri sendiri ato orang lain??

  11. wwah.. bener banget.. awali dari diri sendiri.. kalo diri sendiri aja susah apalagi dengan orang lain..

    iya, karena kuncinya kan diri kita sendiri…🙂

  12. Jadi ingat falsafah Bushido. taklukanlah dirimu sebelum menaklukkan orang lain…dalam konsepnya sejatinya teramat jelas bagaimana berbuat ikhlas..hati khan damai.

    iya, inti nya sebenernya ikhlas ya pak…

  13. Berfikir positif dapat meminimalis perselisihan membuat hidup ini tenang dan damai…positif thinking juga dapat menyehatkan dan buat awet muda ta’iya?😀

    iya bu, kalo kita awet muda hanya dgn berfikir positif, kenapa gak?😀

  14. saya yakin dan percaya, my datang ke blog saya bukan untuk menyampah atau mengotorinya, tapi sebagai silaturahmi antar sesama umat berblogeria.

    (tukeran link nyok)

    iya, setuju….
    thx ya dah mampir kesini, semoga kita selalu menjalin silaturahim selamanya.. ..🙂

  15. Iya setuju … karena yang bisa kita setir adalah diri kita sendiri, selebihnya serahkan kepada ALLAH. Miliknya segalanya…🙂

    setuju mbak….🙂

  16. kalau aja hidup bisa sesederhana itu, mungkin sy ngak terlalu negatif thinking. Hikmah yg bagus, mampu memberi makna yg lain🙂

    iya, terkadang hal2 kecil membuat kita berbeda besar dengan orang lain..🙂

  17. seringnya teorinya terlihat begitu mudah tapi praktek nyatanya , ampun .. sulit sekali🙂

    thanks yach dah singgah di blogku

    karena sulitnya itu kita harus ttp belajar kan??
    thx juga dah mampir kesini…🙂

  18. “Manusia hanyalah tempat ketidaksempurnaan” mantep nih, buat kita harus rendah diri, ngga boleh sombong walaupun banyak harta

    bener bgt..
    lebih bagus lagi kalo kaya harta di dunia n akhirat…🙂

  19. Memang hendaknya manusia itu selalu berpikir positif terhadap apa yang dialaminya. Sesuatu yang buruk menurut kita belum tentu benar-benar buruk. Ada hikmah yang tersembunyi di balik itu.

    iya, setuju mas…
    yang buruk dimata kita belum tentu buruk di mata Allah…🙂

  20. damai kami sepanjang hari .. damai antara diriku dengan sosok di balik cermin saat aq berkaca..🙂

    sosok itu dah berdamai dengan mas??🙂
    syukur dech…

  21. Artikel yang menarik. Patut untuk dijadikan renungan. Agar senantiasa kita selalu bersyukur atas karunia yang di berikan sang Pencipta. Dunia terasa indah bila kita selalu berfikir positif.

    amin….

  22. abiesnya sakit gitu nyampe di rumah.. kecapean mbak…😦

    wah, kasiannya adeq…
    tapi sekarang dah sehat n semangat lagi kan??😛

  23. memang harus sebelum berdamai dengan orang lain damaikanlah diri sendiri nanti juga ngikutin🙂

    salam kenal

    iya, karena segala sesuatu yg kita dapatkan merupakan buah dari perbuatan kita sendiri…
    salam kenal jg ya…
    thx sudah berkunjung…🙂

  24. hehehehe sep… mungkin suatu hari setiap ada kotoran sapi kita berfikir positif… jadi kalo jalan2 ke kebun… trus ada kotoran sapi dijalanan… ingetnya yg positif2…🙂

    huehue…
    boleh juga tuh….🙂

  25. Ogut merasa ironi..
    Bukankah setiap hal hidup berupa pertempuran ???
    keke.. sepertinya qta aga beda sist..
    ada hikmahnya nya ga ya??

    berbeda juga harus dipandang secara postif juga kan??🙂

  26. Pelajaran yg bagus skaligus berat nih. Namanya slalu positive thinking termasuk utk hal2x yg negatif biasanya ga pernah berhasil gue lakukan🙂

    huehue…
    ayo belajar lagi,,🙂

  27. yah saat kita mencintai diri sendiri kita juga bisa mencintai orang lain!! kita merasa sakit saat dipukul maka kita tidak akan memukul.. kita tahu sakitnya dikhianati maka kita tidak akan mengkhianati.. kita tahu sangat senangnya dicintai dan diperhatikan maka jika kita mempunyai hati kita pasti akan mencintai siapapun yang butuh cinta kita😀 salam kenal!! I Love My Self.. karena Tuhan ciptain gw tuh unik dan beda dari yang lain, kaga ada satupun yang mirip gw.. saat aku sadari itu hidupku jadi lebih baik, percaya diri dan sukses..GBU

    makasi atss pencerahannya..
    saya juga merasa seperti itu, beda n unik…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s