Kopi

kopi itu memang nikmat lho, saya adalah seorang pendatang baru di dunia perKopian, huehue…. ternyata menikmati kopi sama halnya dengan menekuni hoby. setelah cari2 info sana sini, ternyata manfaat kopi adalah :

1. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

2. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.

3. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.


4. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.

5. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

6. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

7. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

8. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

9. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

10. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.


11. Untuk mengurangi risiko mengidap diabetes mulailah meminum kopi
. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.

12. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.

ternyata manfaat kopi tuh banyak bgt lho, hayo,,,, sapa yang pada suka minum kopi? ntar ajak2 saya kalo mau minum kopi, ^ngarep mode on^…

28 thoughts on “Kopi

  1. ditambah susu jadi lebih enak dan manfaatnya tambah….

    tapi ngomong2 kalo kopi-susu ilang kopinya tinggal apanya????

    salam kenal

    tinggal apanya ya?? gelas nya ya??
    ^clingak clinguk mode on^ huehue…

  2. Sebagai penderita maaf kronis seperti Odie, harusnya saya berhenti mengkonsumsi kopi. Apa daya, kok nggak bisa berhenti ngopi.. Ah, guilty pleasure dong yaahhh…

    Eniwei,
    Soal minum kopi bakal terjauhkan dari diabetes, tergantung jenis minum kopi yang diminum kali yaa. Kalau seduhannya bersama dengan gula sehingga rasanya manis, seharusnya sih ini malah memperbesar resiko diabetes..

    Dulu waktu mengambil mata kuliah kopi, seorang Dosen pernah bilang begini.

    Mau bunuh diri yang keren dan enak?

    Minum kopi item, kentel, 40 cangkir sekaligus!
    Aduh.. serem juga yaa..
    Segala yang enak-enak kalau dikonsumsi berlebihan emang bahaya!

    Eh.. nice post.. especially, for coffee addict like me… Makasih ya..🙂

    makasi ya mbak atas infonya….🙂

  3. wah,, kalo saya masih labih suka nikmatin teh manis daripada kopi,,

    ngga tau kenapa belakangan ini jadi ketagihan teh manis,, apalagi kalo sambil liat teteh yg manis^^

    huehehe,,

    huehue…. seneng yang manis2 ya?? saya dnks… ^narsis mode on^

  4. meski gw cewe manis..tp denok suka bgt minum kopi..segala macam kopi dan racikannya..meskipun abis minum kopi..langsung deh insomnia lumaaaa…
    owh..jd banyak tau nih ttg kopi mengopi..🙂

  5. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

    ga salah nih?😯 kok dokter saya bilangnya minum kopi ga boleh lebih dari dua gelas sehari?

  6. saya pecinta kopiii

    saya suka kopiiiiiiiii

    bahkan ketika saya dan lala di usir dari starbuck juga tetep suka kopiii

    wakakkaka

    ini fakta yang menyenangkan buat saya dan lala yang mencintai kopi

    apa!?!?

    iya iya gue tau lau..gue sebut sebut namalo..heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s