Mencoba Untuk,,,

Cobalah untuk merasakan apa yang orang rasakan, karena ituh adalah salah satu cara agar dirimu dapat bahagia dengan kehidupan. Melakukan apa yang mungkin dilakukan orang lain saat menghadapi masalah, saat merasa marah, saat merasa ingin dibantu, saat merasa bersalah, saat merasa tersakiti, saat merasa bahagia, saat merasa berkecukupan, saat merasa memiliki kuasa dan saat merasakan perasaan2an yang mungkin tidak pernah kau tempatkan pada semestinya.

Seperti dalam film The Boy In The Striped Pajamas, di situ terlihat jelas bahwa, saat seseorang mempunyai kuasa, maka dia dapat melakukan apa saja sesuai dengan keinginannya. Sesuai dengan perintahnya tanpa memikirkan apa yang dirasakan orang lain atas perlakuannya ituh. Tapi pada saat dia mengalami apa yang dialami oleh keluarganya sendiri, mungkin disitu dia baru merasa bahwa yang selama ini dia perbuat telah menyakiti orang lain.

Memang terkadang saat kita berada di “atas”, maka kita enggan untuk menoleh ke “bawah”, dan kita hampir tidak menyadari bahwa roda dunia ini selalu berputar. Dan Allah berkuasa untuk melakukan apapun terhadap mahluk ciptaanNya. Jadi kita harus senantiasa menjadi manusia yang lebih baik dan paling baik di mataNya. Jangan hanya menyalahkan orang lain atas apa yang kita dapatkan, dan apa yang tidak kita dapatkan.

Coba dech berfikir bahwa, ” kenapa sech dia melakukan itu sama saya?”, apa sech sebabnya. Jangan hanya mencari akibat dari perbuatannya ituh. Karena jika mencari2 sebabnya, maka kita tidak akan menemukan solusinya, dan ituh hanya membuang2 waktu saja. Bukankah waktu terus saja berputar??? Kita gak akan pernah tahu kapan waktu akan berhenti utk kita sendiri…

Cobalah rasakan apa yang orang lain rasakan,,

Seperti bencana situ gintung yang banyak memakan korban jiwa, jika kita dapat mencoba untuk merasakan penderitaan mereka, maka kita pasti akan tergerak untuk membantu, memberikan semangat,,, kepada para korban, yang selamat dan berdoa untuk yang tidak selamat, semoga bencana ini dapat menjadi pelajaran buat kita semua. Mungkin Allah mencoba untuk memberikan pelajaran berharga ini buat kita, agar kita senantiasa menjadi lebih baik, dan selalu bersyukur kepadaNya, amin…

15 thoughts on “Mencoba Untuk,,,

  1. belajar menghargai apa yg dirasakan orang lain kadang sulit bagi orang yg telah merasa di atas..
    parah nya lagi untuk menoleh ke bawah hanya untuk mencari nama atau dukungan atau apa lah namanya tanpa ada rasa ikhlas.

    bener bgt,, karena mgkin dia tdk pernah berfikir bahwa roda kehidupan ini berputar,,,

  2. apa ya istilahnya “put your feet on someone else’s shoes” itu kayanya🙂 . Namanya juga mahluk sosial, jadi kita perlu punya sense of sensitivity and tolerance pada orang sekitar kita, sehingga kita tidak dianggap selfish🙂

    iyak mbak,, tapi saya jg pernah menemukan orang yg seolah2 gk mmbutuhkan orang lain,,, dia beranggapan bahwa dirinya pasti mampu melakukan apapun..

  3. Mencoba merasakan apa yang orang lain rasakan..

    Saya rasa ini adalah definisi Tenggang Rasa,,…

    Betul ga sich,????

    bener bgt tuh,,,
    tuh pelajaran waktu zaman skul dolo,,,,,

  4. Situ Gintung …
    masih merinding memikirkannya …
    Semoga semua diberi kekuatan untuk menghadapi suratan ini

    iyak,,, moga kita juga dpt mengambil hikmahnya…

  5. yaa..merasakan apa yan9 dirasakan sodara sodara kiTa..
    tak hanya mrasakan,semo9a sedikit bantuan bisa merin9ankan beban mreka..

    bener bgt tuh,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s