Selamatkan Alam Kita…!!!

Ketika alam sudah tak ramah lagi terhadap penghuninya, maka sebaiknya mulai melakukan sesuatu sebelum mengakibatkan sesuatu yang semakin buruk untuk keselamatan manusia, hewan dan tumbuhan. Sekitar 30 % hutan di Indonesia hancur akibat illegal loging yang juga mengakibatkan punahnya sejumlah hewan termasuk salah satunya orang hutan dan juga banyak spesies burung langka yang terancam punah pula. Orang utan adalah satwa langka yang patut dilindungi, walau kadang ada sebagian masyarakat yang memeliharanya, padahal ada undang2 yang melarangnya.

Jika populasi dari orang utan semakin berkurang, maka dapat dipastikan bahwa fungsi hutan akan berkurang karena orang utan merupakan penyebar biji-bijian yang menjadi bakal pepohonan. Selain ituh juga orang utan juga membantu regenerasi hutan, jika regenerasinya saja sudah lambat, maka lama kelamaan hutan kita pasti habis. Dan ituh akan  mengancam jiwa manusia, karena dengan kerusakan hutan akan menyebabkan terjadinya bencana alam seperti longsor, banjir, pencemaran udara dan lahan tandus karena kekurangan air.

Ituh hanya karena semakin berkurangnya populasi orang utan, tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan langka lainnya. Belum termasuk kerusakan hutan akibat dari penebangan liar, kebakaran hutan dan pemanasan global. Coba bayangkan, sudah sedekat apa bencana yang akan kita terima tidak lama lagi?? Belum lagi kondisi hidup perkotaan yang tidak memiliki ruang terbuka hijau. Hancurnya hutan dan semakin buruknya kondisi lingkungan sekitar pasti akan berdampak negative terhadap manusia, dan manusia harus siap-siap menerima bencana akibat dari ulah manusia sendiri yang telah mengeksploitasi hutan serta alam.

Cobalah untuk mengubah pandangan kita terhadap alam, mulai peduli dengan lingkungan sekitar, mulai mencoba untuk menempatkan diri di antara alam dan lingkungan, agar terjadi keharmonisan. Dan tingkatkan kesadaran akan kepedulian terhadap lingkungan, karena manusia memiliki ketergantungan terhadap alam sekitarnya. Ada manusia yang sadar bahwa ia tergantung terhadap alam, tetapi sikapnya terhadap alam seolah-olah alam adalah sesuatu yang terpisah jauh darinya. Padahal melestarikan alam berguna untuk membantu manusia dalam mewujudkan kebutuhan hidupnya.

Alam bisa menjadi sahabat yang baik dan bermanfaat, tapi ketika sahabat itu kamu eksploitasi dan kamu rusak, maka suatu saat dia akan menjadi musuh yang mengancam jiwamu.

Jadi,,

Ayo kita selamatkan alam dan  lingkungan kita, sekarang,,, tidak perlu menunggu orang lain untuk melakukannya, mulailah dari diri sendiri…….!!!!

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti “kontes blog sahabat orangutan

17 thoughts on “Selamatkan Alam Kita…!!!

  1. Wow..postingannya bagus neh.
    Menjaga tuh lebih sulit dibanding merusak ya mbak?
    Terlepas dari itu, semoga tulisan ini menang kontes. NTar jangan lupa, traktir si Om ya
    hehehe…

  2. Salam ..selamatkan lingkungan dengan cara yang sederhana ..buang sampah jangan sembarangan ..hutan 2 jangan di gunduli sampai Boytak …manfaatkan Air dengan seperlunya .

  3. jagalah alam qta sperti qta mnjaga diri qta sndiri, mnjaga alam bz qta mulai dri diri qta….,

    lw qta z gk bz jaga dfiri gmna mw jaga yg lain , smuw tu berasl dri qatr ………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s